Seberapa Aman Dana Lender P2P Lending? Simak Ulasan Berikut!

  • October 23, 2021

Aman tidaknya dana lender P2P lending memang selalu menjadi pertanyaan khususnya bagi pemula. Wajar karena mengalokasikan modal apalagi dalam jumlah besar memang penuh risiko. Layaknya sistem lainnya yang telah terdaftar resmi, crowdfunding P2P lending juga dianggap aman bahkan terbilang risikonya rendah.

Seberanya apa itu crowdfundingP2P Lending? P2P merupakan sebuah layanan pinjam meminjam uang dalam mata uang rupiah secara langsung antara kreditur atau lender (pemberi pinjaman) dan debitur atau borrower (penerima pinjaman) yang berbasis teknologi informasi. Fintech lending di sini juga dikenal sebagai Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI).

Sebagai sarana yang memfasilitasi antara borrower dan lender, P2P lending memiliki peran penting. Bagi borrower atau peminjam memberi peluang guna dapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah tanpa jaminan. Sementara bagi seorang lender akan mendatangkan imbal hasil cenderung tinggi meski modal yang dialokasikan terbilang kecil.

Di era serba teknologi, fintech telah menyediakan beragam kemudahan khususnya bagi lender. Melalui sistem online, mulai dari pendaftaran hingga penarikan semua dilakukan dengan mudah. Disertai keamanan dana lender P2P lending lebih aman dan transparan. Lantaran semua data disajikan secara lengkap termasuk siapa peminjamnya.

Di dalam data tersebut, Anda bakal tahu kapan borrower mengembalikan pinjaman serta besarannya berapa. Termasuk didalamnya berapa dana pokok serta bunga yang ditetapkan atas peminjam. Sebagai lender Anda berkesempatan melakukan analisa serta mengetahui bagaimana risikonya. Ketika ingin menambah dana tentu bisa mengacu pada hasil analisis tersebut.

Aman Tidaknya Dana, Perhatikan Beberapa Faktor Berikut

Untuk memastikan keamanan dana lender P2P lending, ada beberapa faktor yang penting diperhatikan. Di antaranya adalah Peer to Peer lending mudah diakses semua orang. Faktor ini berkaitan erat karena semua berbasis teknologi. Sehingga semua diakses secara online melalui sebuah aplikasi. Tidak heran apabila modal terbilang aman.

Memahami risiko di tiap tingkatan menjadi faktor mutlak diperhatikan bagi seorang lender. Bagi lender, penting memahami risiko di tiap tingkatan seperti tahu profil peminjam, regulasi fintech, dan lainnya terkait. Ketika Anda paham benar semua risiko maka modal yang dialokasikan kemungkinan besar aman.

Faktor selanjutnya guna memastikan keamanan dana lender P2P lending adalah dengan memantaunya secara berkala. Ini penting khususnya bagi pemula yang baru saja terjun. Melalui platform crowdfunding yang dipilih lakukan pengecekan secara teratur serta berkala agar tahu bagaimana progresnya. Apabila dirasa bagus maka dapat menambah dana untuk dialokasikan.

Guna tingkatkan proteksi dana maka diversifikasi dapat menjadi solusi. Diversifikasi atau menyebar modal di beberapa pinjaman menjadi solusi tepat mengurangi risiko kerugian. Ketika di pinjaman satu berpeluang mengalami rugi maka secara bersamaan Anda mempunyai kesempatan mendapat imbal hasil tinggi.

Pada dasarnya aman tidaknya dana lender P2P lending, utamanya tergantung pada fintech. Ketika memilih fintech tepat maka gerbang utama berpeluang memperoleh imbal hasil tinggi terbuka lebar. Baru kemudian dibarengi faktor lain seperti analisa hingga tahu bagaimana kapasitas peminjam apakah sanggup mengembalikan modal tepat waktu atau tidak.

Manfaat Alokasi Dana di P2P Lending Sektor Produktif

Tidak dapat dipungkiri jika P2P lending kini mulai fokus pada pengembangan UMKM di Indonesia baik skala kecil hingga menengah. Selain sebagai dukungan pada kebijakan pemerintah, masyarakat dituntut untuk selalu produktif menghasilkan produk berkualitas. Hanya saja mereka kesulitan mendapatkan suntikan modal.

Kini kesempatan Anda untuk ikut berpartisipasi didalamnya guna mengalokasikan dana lender P2P lending. Mengingat banyak manfaat yang bakal diperoleh salah satunya jaminan uang kembali lebih besar. Mengingat banyak fintech mengedukasi para borrower guna melunasi pinjaman tepat waktu disertai pendampingan mengembangkan usahanya.

Manfaat lainnya tentu secara tidak langsung Anda berperan aktif guna mengembangkan usaha. Sebuah kebanggaan tersendiri ketika berhasil membuat suatu usaha maju. Apalagi sampai berkembang pesat, dan inilah harapan semua orang. Ditambah Anda akan memperoleh dari bagi hasil yang ada dengan prosentase terbilang tinggi.

Anda yang ingin berperan aktif membantu UMKM berpotensi di Indonesia dalam mengembangkan usahanya bisa bergabung dengan Amartha. Amartha merupakan platform equity crowdfunding Indonesia P2P Lending di sektor produktif yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Sudah banyak UMKM telah terbantu dalam mengembangkan usahanya menjadi pesat. Kini giliran Anda guna ikut didalamnya.

Salah satu aktivitas pendanaan yang bisa Anda lakukan adalah melalui platform P2P Lending melalui Amartha. Di Amartha, Anda bisa berpartisipasi sebagai lender (pendana) yang turut membantu UMKM dalam memperoleh modal usaha. Mulai dana 100 ribu saja Anda bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% per tahun.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*