Berikut Sejarah Sepak Bola di Indonesia Secara Singkat

  • September 18, 2021
Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap dengan Gambar dan Sejarahnya
source gambar : idntimes.com

Sampai saat ini, cabang olahraga sepakbola menjadi cabang olahraga terpopuler di dunia. Banyak orang jatuh cinta dan tergila-gila dengan olahraga yang satu ini. Penggemarnya pun datang dari berbagai kalangan, mulai dari anak mudah hingga orang dewasa. Bukan hanya laki-laki, tetapi perempuan pun turut menyukai olahraga ini. hingga saat ini, terjadi modernisasi dari cabang olahraga ini, terkhusus di Indonesia.

Seperti Apa Sejarah Sepak Bola di Indonesia Secara Singkat?

Olahraga sepak bola pertama kali muncul pada jaman pemerintahan Hindia Belanda atau sekitar tahun 1914 Masehi. Banyak diadakan kompetisi pada jaman itu khususnya di Pulau Jawa. Saat itu didirikan Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB) yang merupakan organisasi yang mengurus sepak bola atau PSSI pada saat ini. namun, sebagian orang lagi menganggap sepak bola dibawa oleh para pedagang China yang masuk ke Indonesia jauh sebelum penjajahan belanda yakni pada abad ke-2 Masehi.

  • Sejarah Munculnya PSSI

Dalam sejarah sepak bola Indonesia, Persatuan Sepakraga Seloeroeh Indonesia (PSSI) pertama kali didirikan pada masa penjajahan. Nama ini kemudian berganti nama seiring berkembangnya jaman menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Bagi Anda yang belum tahu, pendiri PSSI adalah Soeratin Sosrosoegondo yang menjadi ketua pertama PSSI waktu itu. Dirinya mendirikan PSSI bukan hanya untuk wadah sepakbola tetapi juga sebagai wadah pergerakan untuk melawan para penjajah.

Hal ini dibuktikan ketika wal berdiri, PSSI memiliki kegiatan politik yang menentang para penjajah dan pemerintah Hindia Belanda. Dengan dibentuknya PSSI, pertama kalinya pada tahun 1938 didirikan juga Ikatan Sport Indonesia (ISI) yang mengadakan pekan olahraga pertama sekitar 15-22 Oktober 1938 Masehi.

  • Mengadakan Liga Sepakbola Amatir

Setelah kegiatan pekan olahraga dalam sejarah sepak bola Indonesia, kemudian dilaksanakan liga sepakbola amatir yang pertama dilakukan pada tahun 1930-an. Liga yang berlangsung hingga tahun 1979 ini lebih dikenal dengan sebutan Perserikatan. Kemudian dilaksanakan kompetisi semi profesional pada cabang olahraga ini pada tahun 1979-1980 yang disebut Galatama, singakatan dari Liga Sepak Bola Utama. Kompetisi ini menjadi pionir kompetisi semi profesional selain Liga Hong Kong yanhg ada di Asia.

Masing-masing dari Galatama maupun Perserikatan berjalan sendiri-sendiri, hingga pada tahun 1994 PSSI menggabungkan keduanya menjadi Liga Indonesia. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sepak bola di Indonesia. Sejarah tersebut terus diingat hingga kini, sampai pada akhirnya di tahun 2008 dibentuk Liga Super Indonesia sebagai kompetisi teratas sepakbola di Indonesia.

Namun pada tahun 2011, turut muncul perhelatan bergengsi dengan nama Liga Primer Indonesia. Hingga PSSI pada tahun 2014 menyepakati untuk menggabungkan kedua perhelatan sepak bola besar tersebut, dan menjadi akhir dari dualisme perhelatan dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Itu dia beberapa ulasan tentang sejarah sepak bola di Indonesia secara singkat yang penting Anda cermati dan ketahui bersama. Artikel ini diharapkan bisa memberikan informasi dan juga manfaat bagi Anda semua tentang hal tersebut.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*