5 Manfaat Mengonsumsi Pepaya Bagi Ibu Hamil

  • August 23, 2021

Topik seputar aman atau tidaknya pepaya bagi ibu hamil jadi isu yang lazim dibahas karena buah ini disebut-sebut dapat membahayakan kehamilan. Padahal, ada beberapa manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang bisa dipetik dengan aman jika ibu mengindahkan beberapa hal berikut.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil

Buah pepaya mentah dan setengah mentah memang memiliki risikonya sendiri bagi ibu hamil. Namun, di lain sisi, ada khasiat buah pepaya matang yang bisa diambil untuk ibu hamil. Tapi, tetap perhatikan takaran yang ibu konsumsi saat menyantap pepaya matang ini.

1. Kaya Akan Antioksidan

Pepaya masuk ke dalam kelompok buah dengan vitamin C yang tinggi dan hampir sama dengan buah jeruk dan kiwi. Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang umum ditemukan di buah dan ada banyak kegunaan yang bisa didapat dari ciri antioksidan tersebut.

Antioksidan dapat mencegah atau menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas sebagai molekul yang dihasilkan tubuh karena reaksi lingkungan dan tekanan lainnya. Masalah yang ditimbulkan radikal bebas sering dikaitkan dengan kanker, aterosklerosis (penumpukan lemak di dinding pembuluh arteri), dan penglihatan yang memburuk.

Sumber antioksidan lain yang bisa ditemukan di buah pepaya adalah vitamin A, vitamin B, kalium, dan beta karoten. Melimpahnya nutrisi tersebut di dalam buah pepaya juga menjadikannya baik untuk mempertahankan sistem imun tubuh.

2. Memperlancar Pencernaan

Buah pepaya juga mengandung serat yang bagus untuk mengatasi masalah sembelit yang bisa terjadi pada ibu yang sedang hamil. Serat merupakan nutrisi yang dapat membantu memperlancar pergerakan usus sekaligus memberikan tekstur pada kotoran yang mudah dikeluarkan tubuh.

Dalam studi jurnal National Library of Medicine, kelompok wanita yang mengalami sembelit pada trimester ketiganya diberikan tambahan serat per harinya selama 4 minggu. Dari pengujian tersebut, diketahui bila wanita yang mengonsumsi serat mengalami peningkatan pada kelancaran pergerakan ususnya serta adanya perubahan feses yang menjadi lebih lembut dibandingkan kelompok yang tidak mengonsumsi serat.

3. Untuk Perkembangan Saraf Bayi

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil bisa didapatkan lewat kandungan asam folat di dalamnya. Nutrisi ini dapat membantu perkembangan tabung saraf pada sebulan pertama kelahiran. Bila ibu hamil kekurangan asupan asam folat, struktur sel pada tabung saraf tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik dan perkembangannya pun tidak berjalan dengan semestinya. Hal ini memungkinkan terjadinya bayi lahir cacat.

4. Mencegah Anemia

Asam folat bersamaan dengan vitamin B12 (kobalamin) dan zat besi merupakan komponen yang diperlukan dalam proses produksi sel darah merah. Karenanya, jika tubuh kekurangan folat dan/atau vitamin B12, anemia bisa saja terjadi.

Sebuah penelitian menjelaskan bila wanita hamil yang diberi tambahan asam folat dan vitamin B12 yang tinggi mendapatkan level hemoglobin (protein pembawa oksigen di darah) yang besar pula ketimbang wanita yang hanya diberi asam folat dan vitamin B12 dalam takaran yang lebih sedikit.

5. Mencegah Kram Kaki

Masalah kram kaki merupakan hal yang bisa terjadi pada ibu hamil. Hal ini diduga karena adanya penumpukan cairan di area kaki. Kondisi ini dikenal dengan istilah edema. Masalah kram kaki ini pertama berkembang saat trimester kedua dan bisa semakin buruk seiring bertambahnya masa kehamilan dan perut yang membesar.

Masalah kram kaki mungkin pula terjadi karena ibu hamil kekurangan asupan mineral. Karena itu, mengonsumsi buah pepaya matang yang mengandung banyak kalium dapat mencegah masalah tersebut.

Untuk memperoleh papaya berkualitas, caranya sangat mudah, Anda bisa pesan pepaya secara Online di tanihub.com dengan bantuan smartphone dan internet.

Selain pepaya ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. Saat in TaniHub sudah dapat diakses di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali dan akan terus melebarkan layanannya tiap tahunnya

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*